Posted by : Unknown Minggu, 01 Desember 2013

ACEH BESAR - WACANA mempersatukan ulama Melayu santer mengemukan dalam Seminar Internasional Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), Sabtu (30/11) di Asrama Haji Banda Aceh. Wacana ini disambut positif Ketua Perhimpunan Pondok Pesantren di lima Provinsi Thailand Selatan,  Tuan Guru H Abdul Azis Yanya yang didaulat sebagai pemateri mewakili ulama Melayu.
“Gagasan Aceh untuk mempersatukan ulama Melayu merupakan sebuah gagasan yang sangat menarik” kata Abdul Azis.
Menurut Abdul Azis Yanya, persatuan ulama melayu dipandang penting sebagai wadah mempererat silaturahmi dan mendakwahkan ajaran Islam ke berbagai negara Melayu. Terlebih, kata dia, saat ini ada banyak ulama yang tersebar di beberapa negara Melayu seperti Indonesia, Patani (Thailand), Singapura, Malaysia, dan Filipina. Ia juga menjelaskan banyak hal seputar perkembangan pesantren tradisional di Thailand Selatan dan eksistensi akidah ahlul sunnah wal jama’ah.
Sekjend HUDA, Tgk H Faisal Ali mengatakan, untuk mempersatukan ulama Melayu, penting juga dibentuk satu kesepahaman lebih dulu untuk mempersatukan akidah umat Islam dalam mazhab ahlusunnah wal jama’ah sehingga hati umat Islam Melayu dapat bersatu teguh.
“Persatuan yang paling penting adalah persatuan akidah karena dengan bersatunya akidah maka akan bersatu pula hatinya. Kalau akidah ini sudah bersatu maka akidah ini akan mendorong kita untuk bekerja serta memperkuat jama’ah. Jama’ah ini adalah rahmat,” kata ulama muda yang akrab disapa Abu Sibreh ini.
Pimpinan Dayah Babussalam Al-Aziziyah Bireuen, Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab dalam kesempatan yang sama menjelaskan seputar pentingnya mengembalikan eksistensi dayah Aceh dalam membangun kehidupan masyarakat dan bernegara pada semua tatanan kehidupan dengan memperkuat idelogi Islam.
Informasi yang diperoleh Serambi, Mubes HUDA berlanjut hingga tadi malam dengan agenda pemilihan Ketua dan Sekjend HUDA yang baru dan diakhiri dengan zikir akbar dan istighasah yang dipusatkan di Dayah Thalibul Huda, Bayu-Lamcot. [serambinews]

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments